Berpengalaman dan terpercaya mengelola dokumen arsip digital Institusi Bisnis dan Pemerintahan sejak 2008

TRAINING/PELATIHAN ARSIP DIGITAL

pelatihan arsip digital

Pengelolaan arsip dengan model lama berbasis kertas telah membawa banyak kerugian bagi institusi pemerintah maupun swasta. Solusinya adalah implementasi Sistem Arsip Digital yang terbukti mempunyai banyak keuntungan dibanding sistem arsip konvensional.

Syarat mutlak keberhasilan implementasi ditentukan oleh dukungan SDM yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mengelola sistem arsip digital.
Digital Cabinet™ sejak tahun 2008 telah bekerjasama dengan banyak institusi pemerintahan dan swasta menyelenggarakan program pelatihan internal (in-house training) pengelolaan sistem arsip digital.

MANFAAT TRAINING ARSIP DIGITAL

  • Peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai sistem arsip digital yang baik untuk mendukung institusi publik dan swasta mencapai tujuannya.
  • Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan komponen dan tahapan pelaksanaan dalam implementasi sistem arsip digital di institusi-nya.
  • Peserta memperoleh pengetahuan dan ketrampilan mengoperasikan perangkat sistem arsip digital, mulai teknologi scanning hingga pengoperasian aplikasi sistem arsip digital.
  • Peserta mendapatkan bekal di dalam pengambilan keputusan terkait implementasi arsip digital pada institusinya
  • Institusi penyelenggara in-house training arsip digital mendapatkan satu set microserver dengan aplikasi Digital Cabinet™ versi training. Aplikasi sistem Arsip Digital Cabinet™ ini sebagai pilot project di tempat peserta training, agar pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan selama training tidak hilang karena bisa dipraktekkan ketika peserta kembali ke institusinya.

 
MATERI TRAINING ARSIP DIGITAL


Materi training akan disampaikan dalam Bahasa Indonesia, dilengkapi dengan buku materi yang komprehensif dan disusun sedemikian rupa sehingga bisa diikuti oleh semua peserta dengan latar belakang pendidikan apapun. Tidak ada persyaratan khusus dasar keilmuan peserta. Materi-materi dan topik workshop bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter arsip yang ada di institusi. Pokok Materi Training dalam Training Arsip Digital dapat digambarkan secara umum sebagai berikut:

  • Materi Pengetahuan Arsip Digital (Bobot materi: 15% - 20%)
  • Materi Praktek / Latihan (Bobot materi: 85% – 80%), terdiri:
    • Pemahaman SOP (Standard Operating Procedure) alih media arsip.
    • Modifikasi SOP sesuai karakteristik arsip di institusinya.
    • Pengoperasian (setting) perangkat alih media (scanner) dengan melakukan alih media berbagai jenis arsip.
    • Proses editing arsip digital pasca alih media.
    • Proses upload arsip digital ke dalam aplikasi sistem arsip digital.
    • Pengoperasian Aplikasi Sistem Arsip Digital
    • Maintenance Sistem Arsip Digital

KELEBIHAN IN-HOUSE TRAINING VS. TRAINING UMUM/SEMINAR


  • Fokus. Materi dan studi kasus yang disampaikan secara spesifik disusun sesuai bidang dan kebutuhan perusahaan/institusi, sehingga keterkaitan materi dengan situasi-kondisi yang dihadapi oleh perusahaan akan lebih nyata.
  • Suasana Positif. Dari pengalaman kami, jika dibandingkan dengan workshop/seminar umum yang dihadiri oleh banyak peserta, in-house workshop membuat peserta lebih bebas untuk berdiskusi dengan bahan pembicaraan sesuai dengan situasi-kondisi yang dihadapi perusahaan/institusi, tanpa khawatir tema pembicaraan tersebut akan didengar oleh banyak pihak.
  • Team Building. In-house training yang dihadiri oleh peserta dari bagian atau level posisi berbeda dalam satu perusahaan akan membangun semangat kebersamaan sekaligus memahami peran dan fungsi masing-masing dalam proses implementasi sistem arsip digital.
  • Fleksibel. Waktu pelaksanaan bisa disesuaikan dengan kelonggaran beban pekerjaan di institusi.

PAKET TRAINING ARSIP DIGITAL by DIGITAL CABINET™
pelatihan arsip digital


Berikut gambaran paket training untuk satu institusi.

  • Peserta di jemput/antar dari/ke Bandara - Hotel tempat in-house training.
  • Training berlangsung hari Senin-Jum'at, Sabtu-Minggu acara bebas/city tour.
  • Lama waktu penyelenggaraan tergantung materi-materi yang disesuaikan dengan kebutuhan institusi.
  • Perangkat Traning/Workshop akan disediakan oleh DigitalCabinet™.

Designed to take your teamwork to the next level
Easy & fast access office document files

Easy & fast access
office document files

Secure, audit trail monitoring

Secure, audit
trail monitoring

Dedicated 24/7 live support team

Dedicated 24/7
live support team

BUSINESS PARTNER


PT. INTIKOM BERLIAN MUSTIKA
PT. INTIKOM has over 25 years of excellence in IT Solutions. Established in 1990, Intikom has become a reliable IT solutions provider for the clients in keeping them ahead in the industry and makes Intikom a partner to lead.


View Website  |   Request Quote/Demo
 Call. (021) 5297 1700 [Pak Nanda]

 Offices: Jakarta | Surabaya | Batam

OFFICE ADDRESS

 Equity Tower, 49th Floor
 JL. Jend. Sudirman Kav. 52-53
 Jakarta 12190
 EMAIL:  info@digitalcabinet.co.id

  CONTACT MARKETING

 Joan Hadinata (Manager)
 HP/WA: 0823-1776-3212
 EMAIL:  joan@digitalcabinet.co.id




Contact Us WA 0823-1776-3212 (Joan Hadinata)